Sebelum Bertransaksi Di Sosmed Kenali 5 Ciri Akun Palsu Berikut

Maraknya penipuan yang seringkali terjadi di dunia maya, bukan lagi hal baru untuk diperbincangkan. Pada umumnya kasus-kasus penipuan yang sering kali terjadi yakni bertransaksi Akun Game Online, Penjualan Hp, Dan Sebagainya.
Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman dari para buyer (pembeli) tentang tata cara bertransaksi online yang aman, dan biasanya seorang penipu memakai Akun Fake/Palsu untuk melakukan aksi penipuanya tersebut.

Karena kasus penipuan kebanyakan terjadi di Facebook maka pada kesempatan kali ini Jagad Info akan membahas tentang 5 Ciri-Ciri Akun Palsu (Facebook)

Source : google image

1. Memiliki Friendlist Yang Sedikit

Jumlah teman suatu akun menentukan asli tidaknya akun tersebut, dan seseorang yang memiliki akun palsu pada umumnya memiliki jumlah teman yang sedikit (biasanya dibawah 500). Alasan mereka tidak memiliki teman yang banyak karena mereka lebih cenderung menggunakan akun tersebut hanya untuk berjualan saja, tidak banyak melakukan hal lain.


2. Foto Profil Palsu

Untuk dapat menyembunyikan identitas asli dari sang pemilik akun palsu tersebut, biasanya si pemilik akun menggunakan foto profil palsu seperti selebriti, anime atau foto milik orang lain. Yang paling parah lagi apabila mereka menggunakan foto yang seakan-akan mencerminkan bahwa mereka sudah menjadi penjual yang terpercaya (best seller).






Padahal gambar-gambar seperti itu sudah banyak tertera di google image.
Biasanya Best Seller atau TOP Seller memiliki testimonal atau bukti konsumen yang cukup banyak.
Testimonal atau bukti konsumen adalah bukti kepercayaan dari orang-orang yang sudah pernah membeli atau menggunakan jasa dari si Penjual.

3. Informasi Akun Yang Tidak Banyak

Anda dapat mengecek informasi akun dengan membuka Tentang pada akun tersebut, biasanya akun palsu tidak mencantumkan informasi dengan rinci seperti Nomor telepon, Tempat tinggal, Tanggal lahir, dan lain lain.

4. Jarang Aktif

Jika ada akun yang jarang muncul di obrolan anda dan tiba-tiba menawarkan barang atau jasa kepada anda, maka hendaknya anda lebih waspada sebelum memulai transaksi. Akun palsu biasanya hanya aktif pada saat mempromosikan barang yang akan dijual olehnya, sehingga jarang terlihat muncul diberanda serta jarang memberikan tanggapan atau komentar.

5. Jarang Update Status

Meski banyak sekali orang yang jarang update status di facebook, namun pengguna akun palsu akan nampak lebih berbeda dari akun asli yang pada umumnya. Biasanya status pemilik akun palsu hanya berisi Link, gambar dan status yang tidak jelas, juga pada setiap statusnya memiliki jumlah like atau komentar yang sangat sedikit.



Akun palsu kerap digunakan untuk tujuan yang tidak baik, dengan membaca 5 ciri-ciri akun palsu di atas semoga dapat menambah wawasan kita semua agar lebih pintar lagi sebelum memulai transaksi online. 😁

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Sebelum Bertransaksi Di Sosmed Kenali 5 Ciri Akun Palsu Berikut"

  1. Kebetulan ane jug milih milih temen di fb gan, kalau ngga kenal, ngga ane terima.

    ReplyDelete
  2. mantab nih kebetulan saya suka melakukan transaksi online :)

    ReplyDelete
  3. keren banget gan sangat membantu . thanks info nya

    ReplyDelete
  4. akhir2 ini memang kita harus waspada terhadap transaksi jual beli du dunia maya

    ReplyDelete
  5. sip gan atas info nya sangat membantu visit ya http://bongolinfo.tk

    ReplyDelete
  6. sangat membantu gan, thanks info nya

    ReplyDelete
  7. Kalo ane mau transaksi di sosmed, ane lebih milih rekber dan kalo deket ya cod di rumah.

    ReplyDelete