Bisakah Video Game Membuat Fungsi Otak Seseorang Lebih Baik ?


Prescription video games | Next Level Ep. 3
Prescription video games may be the future of medicine.
Posted by The Verge on Tuesday, July 25, 2017

Dikutip dari Theverge.com - Dikatakan bahwa Video Game mungkin saja akan menjadi resep pengobatan di masa mendatang nanti. Dalam beberapa tahun terakhir, Game telah menjadi topik kontroversial, terutama setelah kelompok ilmuwan dan peneliti menerbitkan sebuah surat terbuka pada tahun 2014 mengatakan "ada sedikit pembuktian" bahwa melatih otak anda dalam satu situasi atau pada satu tugas, akan membuat peningkatan terhadap Fungsi kognitif otak (pemecahan masalah, memori, perencanaan, dll.)
Tak lama kemudian, ada juga kelompok ilmuwan lain menulis sebuah bantahan untuk hal tersebut dengan mengklaim bahwa "besar dan perkembangan tubuh dari bukti menunjukkan bahwa dosis pelatihan kognitif tertentu dapat secara signifikan memperbaiki fungsi kognitif otak, termasuk dengan cara yang menggeneralisasi kehidupan sehari-hari."

Itulah yang memberi usaha kepada sebuah perusahaan bernama Akili, bersama dengan Universitas California, di Laboratorium Neuroscape, San Fransisco.

Akili adalah perusahaan berbasis teknologi di boston yang telah menggunakan teknologi core Neuroscape untuk mengembangkan game mobile yang disebut Project: EVO. Pembuatan game Project: EVO ini begitu hebat, dapat berpotensi membantu merawan anak-anak dengan ADHD ( gangguan perkembangan pada anak-anak dalam aktivitas motorik) sehingga akan dijadikan video game berbasis pengobatan.

Untuk dapat membuktikan game ini benar-benar berbeda dengan yang dimiliki perusahaan pelatihan otak lainnya, Akili harus menjalani semua uji coba dan proses yang diminta oleh FDA (badan pengawas obat dan makanan) untuk jenis obat atau perangkat medis apa pun.

Saat ini Project: EVO sedang dalam uji coba klinis fase III, yang berarti ini bukan merupakan kesepakatan yang mudah. Namun jika Akili berhasil, itu akan menciptakan video game berbasis resep pengobatan pertama di Amerika Serikat (dan mungkin nantinya akan merambat ke seluruh dunia terutama Indonesia), dan dengan demikian, maka akan tercipta kategori baru dalam dunia medis yakni "Obat Digital". 😃



Referensi : Theverge.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Bisakah Video Game Membuat Fungsi Otak Seseorang Lebih Baik ?"