Tutorial: Menurunkan size gambar tanpa mengurangi kualitas

Tutorial: Memperkecil size gambar tanpa mengurangi kualitas - Kita seringkali bingung dan tidak tau harus ngapain saat menjumpai masalah-masalah sepele seperti yang akan dibahas kali ini, misalnya kamu punya gambar bagus yang memiliki kualitas High Definition dengan ukuran bisa sampai 10mb (ini termasuk ukuran yang tinggi untuk sebuah gambar).

Dulu saya sempat mengalami kendala tersebut, ingin mengupload satu gambar saja tapi memakan waktu yang lama, tak hanya itu, masalah yang lainnya juga loading blog menjadi lebih lambat dikarenakan ukuran gambar yang terdapat di dalam blog terlalu besar. Lalu saya coba mencari cara tentang bagaimana menurunkan ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas aslinya, dan ternyata caranya sangatlah simpel dan sekarang jadi lebih mudah untuk urusan upload-mengupload gambar.


Gambar di atas merupakan perbedaan tampilan antara gambar asli dan yang sudah di kompres atau dikecilkan ukurannya, saya akan sedikit menjelaskan tentang perbedaan dari 2 gambar tersebut.

Gambar Atas (Asli/Tanpa dikompres)
• Memiliki ukuran 4.8mb
• Dimensi : 3840x1280 Piksel
• Format file : PNG

Gambar Bawah (Setelah dikompres)
Memiliki ukuran 596kb
Dimesi  : 3840x1280 Piksel
Format file : JPG

Kita bisa lihat perbedaan antara 2 gambar tersebut terdapat pada ukuran dan format gambar, saya mengubah format gambar dari png menjadi jpg (silahkan baca tahap ke-2 nanti) dan hasilnya ukuran gambar berkurang lumayan drastis.

Dan disini saya membagikan 2 cara untuk menurunkan ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas, silahkan simak baik-baik tutorial berikut ini :

1. Kompres Gambar Secara Online

Cara kerjanya sangat simpel sekali, kamu hanya perlu mengupload gambar yang ingin dikompres, tunggu hingga proses selesai, kemudian simpan gambar.
Pilih salah satu dari situs di atas untuk mengkompresi gambar secara online, saya rekomendasikan gunakan Iloveimg.com dan yang lainnya hanya sebagai alternatif

Setelah kamu masuk ke situs Iloveimg.com, silahkan klik "Select images" dan pilih gambar yang ingin di kompresi

Sesudah memilih gambar, langkah selanjutnya klik tombol COMPRESS IMAGES

 Ketika proses kompresi telah selesai, gambar akan terdownload secara otomatis ke PC kamu.

Menggunakan situs kompresi online seperti di atas biasanya ukuran gambar akan berkurang jauh lebih kecil hingga 50% atau bahkan lebih dibanding dengan gambar aslinya. Namun jika kamu belum merasa puas dengan cara tersebut bisa menggunakan cara kedua berikut..


2. Menggunakan Photoshop

Yupp ini dia cara yang saya gunakan untuk perubah format file dari PNG ke JPG agar ukuran gambar dapat berkurang.
1. Buka Photoshop di PC kamu
2. Masukkan gambar dengan cara klik File > Open.. yang ada di pojok kiri atas
3. Langsung saja klik File > Save As atau dengan menekan CTRL + Shift + S pada keyboard
4. Pilih format JPEG (persis seperti digambar)








5. Kemudian jangan lupa untuk mengatur kualitas, hal ini dapat mempengaruhi ukuran dari gambar, saya sarankan untuk memilih high, agar kualitas gambar tetap bagus.














Cara ke-2 tersebut adalah cara yang saya gunakan untuk memperkecil ukuran gambar dari 4.8mb menjadi 596kb.

Itulah Tutorial yang dapat saya berikan kali ini, semoga dapat bermanfaat, dan jika ada bagian yang belum bisa dipahami mohon memberi masukkan di kolom komentar. 😀 Terima kasih dan selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tutorial: Menurunkan size gambar tanpa mengurangi kualitas"

  1. Wah butuh banget nih buat program website gue, ane baru tau kalau gambar bisa di compress tapi nggak ngurangin kwalitas gambar, thanks infonya :)

    ReplyDelete
  2. Hiii Teman, mencari peredam ukuran gambar terbaik dan mengoptimalkan gambar Anda, ada yang baru dan mudah digunakan webaite online https://optimizejpeg.com untuk mengurangi ukuran gambar Anda dan mengoptimalkan gambar Anda dengan mudah tanpa kualitas lossinh ..

    ReplyDelete